Thursday, February 15, 2018

Dongeng Kancil dan Serigala

Dongeg Kancil Dan Serigala
Dongeg Kancil Dan Serigala
Dongeng Kancil Dan Serigala, Halo adik-adik, jumpa lagi dengan kakak admin blog dongeng anak dan cerita rakyat www.dongenganak84.blogspot.co.id. Kali ini kakak akan menceritakan dongeng lagi, dongeng kali ini akan mengisahkan cerita tentang kancil dan serigala. Bagimana adik-adik? Penasaran dengan ceritanya tidak? Kok jawabnya samar-samar. Penasaran dengan ceritanya tidak? Nah kalau adik-adik penasaran maka langsung saja yuk dibaca dan disimak ceritanya.

Dongeng Kancil dan Serigala

Di sebuah pinggiran hutan, terdapat sebuah ladang yang di dalamnya tersisa tanaman ketimun sisa-sisa dari bapak petani. Biarpun sisa, akan tetapi masih terlihat banyak sekali buah ketimun yang segar di kebun itu. Tersebutlah si kancil yang sedang melintas lantas melihat tanaman ketimun tersebut. Kebetulan dia sedang lapar, sehingga dia mampir di kebun tersebut dan menghabiskan ketimun-ketimun yang ada.

Saking asiknya makan buah ketimun, dia tidak menyadari ada seekor serigala besar yang diam-diam menghampiri untuk memakannya. Lantas serigala tersebut dengan nada garang mengagetkan sang kancil, "Pucuk di cinta ulam pun tiba. Pas aku lagi lapar, ada makanan lezat yang tersedia di hadapanku" Kata serigala. Kehadiran serigala yang tiba-tiba membuat kancil terkejut dan terperangah, dengan nada ketakutan lantas sang kancil menjawab "rrr...rrr..rrr...rupanya kamu yang datang serigala sahabatku". "Kamu bukan sahabatku, kamu santapanku. Sebelum aku santap berdoalah dan ucapapkan permintaan terakhirmu." jawab serigala. "Sabar serigala, mohon jangan kau makan aku. Jika engkau bersedia untuk tidak memakanku, aku akan menunjukkan kolam pemandian dewa dan dewi yang akan berkhasiat membuatmu awet muda, dan tentunya akan membuat engkau di kagumi oleh semua serigala betina" balas sang kancil.

Sang serigala terdiam, rupanya dia sedang memikirkan tentang apa yang dikatakan oleh sang kancil. Karena tertarik lantas sang serigala bertanya dengan nada yang sedikit melunak "Apakah benar apa yang kau katakan itu kancil sahabatku". "Tentu saja benar wahai serigala" jawab sang kancil. Lantas sang serigala mengajak sang kancil. Akan tetapi sang kancil menyarankan agar berangkat ke kolam tersebut setelah sore hari. Dengan alasan air kolam akan berwarna keemasan dan akan lebih berkhasiat

Singkat cerita, yang dimaksud oleh si kancil sebagai kolam dewa disini adalah kolam bekas wc dari keluarga petani yang didalamnya banyak sekali kotoran manusia yang bercampur dengan air. Sehingga airnya berwarna kuning.

Setelah sore hari akhirnya kancil dan serigala berangkatr ke kolam tersebut. Di tengah perjalanan kancil menasehati sang serigala ketika sudah dekat dengan kolam tersebut, segera berlari dengan cepat sambil menahan nafas, dan langsung menceburkan diri ke kolam sebagai syarat agar airkolam tersebut berkhasiat. Benar saja, dengan bodohnya setelah dekat dengan kolam tersebut serigala menuruti saja apa kata si kancil. Dia segera berlari dan menceburkan diri ke kolam wc tersebut. Alhasil seluruh tubuhnya dipenuhi kotoran manusia dengan bau yang sangat sangat tidak sedap. Sambil tertawa terbahak-bahak si kancil berkata "DASAR SERIGALA BODOH, MAU SAJA AKU BOHONGI, Selamat tinggal serigala sahabatku". Sambil berlalu pergi. "KANCIIIILLLL!, Kurangajar kamu, beraninya membohongiku. Lihat saja bila nanti kita bertemu lagi, akan kulumat dan kutelan seluruh tubuhmu! Awas kamu kancil". Dan selesai, akhirnya si kancil berhasil lolos dari bahaya, yaitu gagal di makan sama serigala.

Pesan yang terkandung dalam cerita dongeng kancil dan serigala adalah : jangan mudah percaya dengan orang lain, terlebih dengan orang yang baru saja kita kenal. Selalu waspada dan berhati-hati, mudah-mudahan kita senantiasa selamat dan tidak tertipu dengan orang jahat. Terimakasih sudah berkunjung di www.dongenganak84.blogspot.com.

No comments:

Post a Comment