Rabu, 08 Juni 2016

Dongeng Kancil dan Pak Tani

dongeng kancil dan pak tani
dongen kancil dan pak tani
Dongeng kancil dan pak tani. Pada zaman dahulu di pinggiran sebuah hutan, hiduplah keluarga pak tani. Pak tani tersebut memiliki seorang istri dan seorang putri yang sangat cantik sekali. Disetiap kesehariannya dalam menjalankan aktfitas pertaniannya pak tani selalu ditemani oleh seekor anjing. Anjing pak tani tersebut sangat lah cerdik dan pintar. Dia selalu membantu pak tani untuk menjaga kebun-kebunnya.

Dongeng kancil dan pak tani


Pada suatu musim, tibalah saatnya pak tani untuk menanam ketimun dikebun-kebunnya. Pak tani sangat bersemangat sekali ketika mulai menaburkan benih-benih ketimun di kebunnya. Hari demi hari akhirnya benih yang ditanam oleh pak tani mulai tumbuh, pak tani ditemani oleh anjingnya setiap hari senantiasa rajin untuk menyirami dan merawat pohon-pohon ketimun di kebunnya. Akhirnya waktu yang dinanti-nantikan oleh pak tani sudah tiba, ketimun-ketimun yang ada dikebun pak tani sudah mulai berbuah. Pak tani dan keluarganya sangatlah bahagia dan senang, karena pohon ketimun yang di tanam sangatlah subur, terlebih pohon-pohon ketimun tersebut mulai berbuah dengan jumlah yang sangat banyak. Pak tani dan keluarga yakin akan panen besar.

Singkat cerita, didalam hutan hiduplah binantang kecil yang sangat pandai dan cerdik. Ya benar, dialah kancil. Kancil adalah binatang kecil yang terkenal sebagai binatang yang cerdik dan nakal. Suatu ketika didalam hutan, si kancil kehabisan stok makanan. Maka muncul di dalam benak kancil untuk mencari makan di pinggiran hutan. Dengan lincahnya, disiang bolong yang cuacanya sangat terik mulailah si kancil untuk berkelana keluar hutan untuk mencari makanan. Setelah sekian lama berjalan dengan kondisi badan yang lelah akhirnya sikancil sampai di pinggiran hutan. Tibalah sikancil dekat dengan kebun pak tani yang dipenuhi buah ketimun yang mulai ranum. Dengan mata yang berbinar-binar sungguh senangnya hati si kancil. Dalam hati si kancil bergumam "akhirnya aku menemukan juga makanan yang enak, kalau siang tidak mungkin aku memetik buah ketimun ini. Sebaiknya nanti malam saja aku mulai memetiknya". Lalu si kancil mulai masuk ke hutan lagi untuk menunggu malam tiba.

Setelah waktu menunjukan malam hari, akhirnya si kancil mulai keluar hutan untuk mencuri ketimun di kebun pak tani. Sikancil dengan rakusnya mulai memetik dan memakan buah ketimun yang ada di kebun pak tani dengan meninggalkan bekas-bekas ketimun yang berantakan dan berserakan. Setelah puas dan kenyang, kancil mulai masuk kembali kedalam hutan. Sebenarnya malam itu pak tani dan anjingnya berada di kebun, akan tetapi mereka kurang jeli kalau ada kancil yang mencuri ketimun dikebunnya. Setelah keesokan harinya, pak tani patroli bersama anjingnya untuk melihat-lihat kondisi kebun dan tanaman timunnya. Setelah tiba ditempat dimana ketimunnya rusak dan habis dimakan kancil, pak tani terbelalak dan sangat marah sambil bertanya-tanya didalam hatinya "SIAPA GERANGAN YANG BERANI MENCURI DAN MERUSAK TANAMAN TIMUNKU?". Kejadian tersebut terjadi berulang-ulang sampai 3kali.

Setelah terjadi 3kali rusaknya dan dicurinya tanaman pak tani, akhirnya pak tani dan anjingnya mempunyai rencana untuk memasang perangkap guna menangkap pelaku pencurian dan pengrusakan tanaman ketimun di kebun pak tani. Singkat kata akhirnya pada malam keempat pak tani memasang perangkap untuk menangkap pencuri ketimun di kebunnya. Dengan perasaan marah dan berdebar-debar pak tani dan anjingnya mengintip dari kejauhan. Tidak selang berapa lama terdengar pintu perangkap tertutup, dan si kancil sudah terperangkap masuk ke perangkap yang dipasang pak tani. Setelah perangkap berhasil menangkap pencuri, lalu pak tani dan anjingnya mulai mendekati perangkap untuk mengetahui siapa sih gerangan yang sudah berani mencuri dan merusak tanamannya. Setelah dekat dengan perangkap lalu pak tani berkata "OH, TERNYATA KAMU YANG SUDAH BERANI MERUSAK DAN MENCURI KETIMUN-KETIMUNKU. BAIKLAH, KAMU AKAN AKU BAWA PULANG UNTUK AKU SEMBELIH ESOK HARI. DAGINGMU AKAN KUBUAT LAUK UNTUK KELUARGAKU".

Singkat cerita si kancil yang sudah masuk di   dalam perangkap di bawa pulang kerumah pak tani dan di taruh di kandang belakang rumah. Pak tani memerintahkan anjingnya untuk menjaga si kancil. Kemudian pak tani memberitahukan kepada anak dan istrinya bahwa dia sudah berhasil menangkap kancil yang sudah mencuri dan merusak kebun ketimunnya. Karena penasaran sang istri dan anaknya ke kandang belakang rumah untuk melihat kancil yang sudah ditangkap oleh suaminya.

Sang kancil yang tertahan didalam perangkat mulai kebingungan dan ketakutan tatkala dia mendengar bahwa dia akan dipotong oleh pak tani. Akan tetapi si kancil yang memiliki pemikiran yang cerdik, setelah ditengok oleh anak pak tani yang cantik jelita, memiliki pikiran untuk melepaskan diri. Kemudian dia mulai melakukan trik agar anjing bisa melepaskan dirinya dan menggantikannya di dalam perangkap. Lalu mulailah bercakap antara kancil dan anjing.
kancil : hai anjing!
anjing : !!
kancil : hai anjing, aku memanggilmu, masak kamu tidak mendengar!
anjing : !!
kancil : hai anjing, aku punya kabar gembira, masak kamu tidak ingin tahu?
anjing : (mulai tertarik lalu mendekati kancil) berita apa kancil?
kancil : kamu tahu tidak kenapa aku ditangkap dan dibawa kerumah ini?
anjing : tahu, kamu akan dipotong untuk dijadikan lauk.
kancil : oh, tidak. Kamu salah anjing. Aku di bawa pulang oleh pak tani itu untuk dinikahkan dengan putrinya yang cantik. Karena aku adalah binatang yang cerdik.
anjing : mana mungkin, aku tidak percaya!
kancil : Serius! mask kamu tidak iri sama aku. Kamu kan sudah banyak jasa ke pak tani, kenapa tidak kamu saja yang dinikahkan dengan anak pak tani yang cantik itu. Seandainya itu kamu yang mau dinikahkan apakah kamu tidak mau?
anjing : Ya maulah, siapa yang tidak mau dinikahkan dengan anak pak tani yang cantik itu.
kancil : Makanya kalau kamu mau, sebaiknya kamu masuk ke perangkap ini biar kamu menggantikan aku untuk dinikahkan dengan anak pak tani.
anjing : (dengan polosnya dan bodohnya) baiklah, kalau begitu aku akan membebaskanmu. Dan aku akan menggantikanmu biar aku dinikahkan dengan anak pak tani.
kancil : (dalam hati) akhirnya anjing bodoh ini bisa aku bohongi.
Akhirnya pada sore hari itu si kancil berhasil bebas dengan anjing menggantikannya di dalam perangkap. Siang itu pak tani pergi keladang untuk memanen ketimun-ketimunnya yang masih tersisa. Sore hari dia pulang, lalu mengasah golok yang akan dipakai untuk memotong sikancil

Setelah golok yang diasah sudah tajam, bergegaslah pak tani ke rumah belakang untuk memotong si kancil yang sudah ditahannya seharian. Sambil berteriak "NAH KANCIL SEKARANG SAATNYA BAGIMU UNTUK KUSEMBELIH!". Tetapi alangkah terkejutnya pak tani setelah berada di dekat perangkap, karena kancil yang ada di dalam perangkap sudah tiada, dan digantikan oleh sang anjing. Pak tani benar-benar murka setelah mendengar penjelasan dari anjingnya. Akhirnya kisah ini berakhir dengan anjing yang di potong oleh pak tani untuk dijadikan lauk menggantikan kancil.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar